Cara Tanam Hingga Pemupukan Bibit Rumput Odot

Cara Tanam Hingga Pemupukan Bibit Rumput Odot
Melakukan penanaman atau budidaya rumput odot adalah langkah tepat untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan pada binatang ternak anda. Terlebih secara garis besar, penanaman rumput odot bisa dikatakan sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk oleh Anda.
Berikut kita akan mengulas sekilas tentang cara tanam bibi rumput odot.
1.       Penanaman dengan stek batang
bibit rumput odot


Untuk melakukan penanaman bibit rumput odot dengan cara stek, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menyediakan bibit rumput odot dalam bentuk stek. Kedua,potong bibi rumput odot dari ruas/batang sepanjang 15-20 cm. Ketiga,benamkan bibit rumput odot hasil stek itu ke lahan. Keempat, pembenaman biibit rumput odot bisa dengan posisi tegak lurus ataupun miring.
Kelima, sebelum melakukan penanaman bibit rumput odot, ada baiknya lahan yang hendak digunakan terlebih dahulu diberikan pupuk dasar yaitu pupuk kandang baik dari kotoran sapi, kambing, ataupun ayam sekitar 7 hari sebelum penanaman. Selain, itu penting juga untuk diperhatikan bahwa sebaiknya lokasi lahan untuk penanaman cukup untuk mendapatkan sinar matahari.
2.       Langkah-langkah cara tanam
Untuk melakukan penanaman bibit rumput odot terdapat beberapa langkah-langkah praktis yang penting untuk diperhatikan. Tujuannya, agar rumput yang satu ini bisa tumbuhnya secara lebih optimal. Dengan demikian maka hasil panennya pun akan jauh lebih memuaskan.
Adapun beberapa langkah praktis dalam melakukan penanaman bibit rumput odot, yaitu:
Pertama, bersihkan lahan yang hendak digunakan dari tanaman gulma dan semak belukar.
Kedua, buat gundukan tanah dengan lebar 60-80 cm dengan tinggi 20 cm
Ketiga,lakukan penanaman bibit rumput odot berupa stek dengan 2 ruas tanaman didalam tanah tepat dibagian tengah gundukan dan satu ruas diluar.
Keempat,jarak tanam juga sangat penting untuk diperhatikan. Idealnya, untuk penanaman bibit rumput odot jarak tanaman dalam barisan 50-75 cm, jarak tanam antar barisan 75-150 cm.
Ke-empat langkah praktis tersebut, penting untuk diperhatikan dalam melakukan penanaman bibit rumput odot, agar rumput yang satu ini dapat tumbuh lebih optimal.
3.       Pemupukan
Pemupukan juga sangat penting untuk dilakukan agar tanaman rumput odot bisa tumbuh dengan optimal. Di sisi lain, pemupukan ini juga cukup bagus agar rumput odot bisa dipanen lebih cepat.
Dalam hal pemupukan, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:
1.       Untuk pupuk dasar, berikan dan campur dengan pupuk kandang dengan jumlah 3 ton/ha.
2.       Apabila ingin mempercepat pertumbuhan bibit rumput odot, anda bisa melakukan pemupukan pada umur bibit 15 hari pasca tanam. Pada satu itu anda bisa melakukan pemupukan dengan mengunakan pupuk urea atau dengan pupuk NPK sebanyak 60 kg / Ha.
3.       Pupuk cair (urine ternak) sapi/kambing/kelinci fermentasi juga dapat digunakan sebagai bahan pupuk cair untuk pemupukan dengan aplikasi disemprot ke tanaman tanah .
Ke-tiga hal tersebut merupakn hal-hal penting dalam melakukan pemupukan untuk tanaman bibit rumput odot.
rumput odot

Dapat dipahami bahwa sebenarnya baik cara penanaman maupun pemupukan bibit rumput odot sangat mudah dan cukup simpel untuk dilakukan. Dari sini maka untuk apa ragu lagi untuk mencoba melakukan penanaman rumput odot. Terlebih saat ini anda bisa dengan mudah mendapat bibit rumput odot atau bibit rumput gajah odot.

Anda cukup menghubungi Phone/Wa:087838393451, anda sudah bisa melukan pembelian bibit rumput odot, sekaligus dapat melakukan konsultasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Rumput Odot

Merimbunkan daun rumput odot dengan pupuk tepat Bibit rumput odot sangat cocok dibudidayakan sebagai pakan pokok hijauan hewan ternak. ...