Menanam rumput odot di sela hutan jati dan sengon


Menanam odot di sela hutan jati dan sengon

Bibit rumput odot dapat di tanam di segala kontur tanah. Rumput odot memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih di sukai oleh hewan ternak. odot seringkali di temui pada lahan-lahan kosong, di biarkan tumbuh secara liar. Namun seiring melambungnya nama odot baru-baru ini, odot sudah mulai di budidayakan. Akan tetapi kendala membudidayakan rumput odot adalah keterbatasan lahan.

Pemilik lahan lebih tertarik mengolah lahan mereka untuk tanaman pangan, maupun untuk investasi jangka panjang seperti menanam sengon ataupun jati. Sehingga seakan-akan tidak ada ruang untuk budidaya rumput odot, padahal odot merupakan rumput potensial untuk penggemukan ternak. Lantas perlu adanya solusi terbaik yang di tawarkan, solusi yang menjawab kebutuhan pakan peternak yang tidak mempengaruhi tanaman investasi jangka panjang seperti pohon sengon dan jati.
bibit rumput odot


Odot Sebagai Tanaman Sela


Bibit odot dapat di tanam berdampingan dengan tanaman jati maupun sengon pada lahan yang sama. Menanam nya dengan cara tumpang sari. Kombinasi bertanam jati atau sengon dan odot memiliki keuntungan ganda yang dapat di petik dari keduanya. Tumpang sari antara jati dan rumput odot menghasilkan dua keuntungan sekaligus. Pertama ketersediaan hijauan yang kontinu sepanjang tahun karena odot merupakan tanaman yang tidak kenal musim. Selain itu bertanam odot merupakan sumber gizi pakan yang dibutuhkan ternak. odot secara umum adalah sumber protein yang baik/tinggi dan sumber serat untuk terjaminnya proses pencernaan pada ternak ruminansia.

Odot sebagai Tumpang Sari

Sedangkan keuntungan yang lain adalah tidak terganggunya pertumbuhan pohon jati maupun sengon, tetap dapat di ambil hasil kayunya. Keuntungan ganda ini hanya dapat di peroleh dari sistem tanam secara tumpang sari. Dengan kandungan gizi yang mengagumkan dari rumput odot dapat di harapkan dapat memperoleh hasil ternak yang memuaskan pula. Berikut adalah kandungan gizi yang terkandung dalam rumput odot.
·         Kandungan lemak kasar daun 2.72%
·         Kandungan lemak kasar batang 0.91
·         Kadar Protein kasar daun 14.35%
·         Kandungan Protein kasar batang 8.1 %
·         Kecernaan/Digestibility daun 72.68%
·         Kecernaan/Digestibility batang 62.56%
·         Kandungan Total Protein kasar 14 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Rumput Odot

Merimbunkan daun rumput odot dengan pupuk tepat Bibit rumput odot sangat cocok dibudidayakan sebagai pakan pokok hijauan hewan ternak. ...