Selasa, 27 November 2018

Pemupukan Rumput Odot


Merimbunkan daun rumput odot dengan pupuk tepat

Bibit rumput odot sangat cocok dibudidayakan sebagai pakan pokok hijauan hewan ternak. Rumput odot merupakan jenis rumput yang mempunyai produktifitas tinggi. Sehingga kapasitas panen yang dihasilkan dari menanam rumput odot dapat dijadikan pakan andalan utama. Pada umumnya dalam masa perkembangan rumput odot akan menghasilkan anakan yang rimbun dan lebih hijau dari jenis rumput lainnya.

Untuk menghasilkan rumput odot yang rimbun perlu di lakukan beberapa treatman sederhana. Dikarenakan hijauan merupakan sumber pakan utama bagi ternak ruminansia, maka di perlukan produktifitas yang optimal. Hijauan memiliki peranan penting dalam usaha peternakan baik kambing, sapi, lembu maupun kuda. Maka pakan hijau harus di dukung oleh peningkatan produktivitas, kualitas, kuantitas, maupun kontiniuitasnya.  Menjawab setiap kebutuhan pakan merupakan pilihan bijak dengan budidaya rumput odot.
Dalam proses budidaya rumput odot apabila ingin menghasilkan anakan yang rimbun maka perlu pemupukan. Pupuk kandang dapat di pilih untuk bibit rumput odot menghasilkan banyak anakan, mempunyai akar kuat, batang yang tidak keras dan mempunyai ruas - ruas daun yang banyak serta struktur daun yang muda sehingga sangat disukai oleh ternak. Penggunaan pupuk kandang dapat menekan biaya perawatan, karena harga pupuk kandang relative murah dan mudah di dapat.

Namun perlu juga di ingat penggunaan pupuk kandang saja juga belum tentu dapat memenuhi unsur hara yang di butuhkan bibit rumput odot agar berkembang dengan maksimal dan merimbunkan daunnya. Maka penggunaan pupuk kandang juga perlu di kombinasi dengan penggunaan urea dengan demikian akan tercipta perpaduan yang pas untuk perkembangan anakan rumput odot serta untuk merimbunkan daun.  Dengan tercukupinya unsur hara dalam tanaman maka pertumbuhan dan produktivitasnya akan optimal.
pupuk rumput odot

Pupuk urea merupakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen (N) dengan kadar tinggi. Nitrogen merupakan unsur hara yang sangat diperlukan tumbuhan. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea sangat bermanfaat bagi bibit rumput odot untuk pertumbuhan dan perkembangan. Pupuk urea mempunyai manfaat lain diantaranya membuat daun tanaman lebih hijau, rimbun, dan segar.
Kombinasi pupuk kandang dan pupuk urea dapat diberikan dengan dosis urea dan pupuk kandang dengan pemberian 300 gr urea + 5 kg pupuk kandang dapat meningkatkan produksi rumput odot. dapat dilihat dari peningkatan jumlah anakan dan tinggi batang dengan struktur tanah yang gembur dan cocok digunakan untuk penanaman rumput odot. Dengan kombinasi pupuk yang tepat akan menghasilkan anakan rumput odot yang rimbun dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar