Sabtu, 16 Desember 2017

Ciri-ciri Rumput Odot

Ciri-ciri Rumput Odot

rumput odot
Rumput odot atau rumput gajah odot merupakan jenis rumput yang berasal dari Amerika. Rumput ini memiliki nama Latin, pennisetum purpureum cv.Mott, yang sebenarnya masih satu jenis dengan rumput gajah.
Sekilas rumput odot memilik kesamaan dengan rumput gajah yang biasa tumbuh liar di areal persawahan atau di tanah-tanah kering pinggir jalan. Hanya saja dari segi bentuk rumput odot memiliki ukuran yang lebih pendek apabila dibandingkan dengan rumput gajah. Di sisi lain batang rumput odot juga tidak memiliki bulu.
Rumput odot juga relatif lebih lunak apabila dibandingkan dengan rumput gajah, karena itu banyak hewan ternak seperti; sapi, kambing, kerbau, domba, kelinci dan lain sebagainya, yang menyukai jenis rumput yang satu ini.
Secara umum rumput odot memiliki beberapa ciri-ciri tertentu yang membedakan keberadaannya dengan jenis rumput pada umumnya.
1.       Pada umumnya pertumbuhan rumput odot sangat cepat ketika dibudidayakan, sehingga para peternak yang melakukan budidaya rumput odot bisa dengan cepat pula untuk melakukan panen.
2.       Tumbuh berumpun dan bertunas atau rhizoma, artinya dengan membeli beberapa batang setek bibit rumput odot para peternak bisa melakukan panen yang jauh lebih banyak karena sifat dasar dari rumput odot adalah berumpun
3.       Perakaran kuat dan dalam, dengan demikian maka para peternak yang melakukan budidaya rumput odot tidak perlu merasa khawatir rumput ini akan tergerus oleh tanah, karena memiliki perakaran yang sangat kuat.
4.       Daun dan batang halus dan tidak berbulu, hal ini yang menyebabkan kenapa hewan ternak umumnya lebih menyukai rumput odot dibandingkan dengan rumput pada umumnya seperti rumput gajah. Hal itu dikarenakan rumput odok memiliki daun dan batang yang lebih halus serta tidak berbulu.
5.       Batang lunak mudah dimakan ternak, hal ini juga salah satu fakto kenapa rumput odot sangat disukai oleh binatang ternak. Secara umum rumput odot mudah untuk dimakan oleh binatang ternak karena batangnya yang lunak.
Ciri-ciri tersebut adalah pembeda antara rumput odot dengan jenis rumput lainnya, seperti rumput gajah yang sebenarnya secara universal memiliki kesamaan dengan rumput odot.Rumput odot sangat bagus untuk diberikan pada hewan ternak seperti; sapi, kerbau, kambing, domba, kelinci dan sebagainya.
Rumput ini sangat bagus untuk mengatasi terjadinya dehidrasi pada binatang ternak. Utamanya, bagi hewan ternak yang telah menempuh perjalanan jauh. Pada umumnya binatang ternak yang telah menempuh perjalanan jauh mudah terserang dehidrasi. Hal itu sebenarnya bisa diatasi dengan memberikan rumput odot pada binatang ternak tersebut.
Rumput odot memiliki kandungan kadar air yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumput pada umumnya. Kandungan air pada rumput odot bisa mencapai di atas 80%, dengan kandungan protein bahan segar di atas 14%. Sebab itu tidak heran jika rumput odot dapat mengatasi dehidrasi pada binatang ternak. Di sisi lain juga dapatmemberikan energi dan protein yang cukup untuk rekondisi.
Lebih dari itu, tekstur rumput odot yang empuk membuat ternak lahap dalam memakannya. Semakin banyak makan, cairan tubuh makin stabil, rekondisi makin cepat.Apabila anda tertarik untuk melakukan budidaya rumput odot, kami sedia bibit rumput odot dan bisa menghubungi kami di Phone/Wa :087838393451

Anda dapat melakukan pembelian bibit rumput odot, sekaligus konsultasi terkait dengan cara budidaya rumput odot yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar