Pemilihan Lahan Tanam Untuk Budidaya Rumput Odot

Pemilihan Lahan Tanam Untuk Budidaya Rumput Odot

Tanaman rumput odot (Pennisetum purpureum cv. Mott) merupakan jenis tanaman rumput yang tumbuh merumpun dengan perakaran serabut. Tanaman ini dapat dibudidayakan dengan cukup mudah. Kendati demikian dalam melakukan budidaya tanaman rumput odot, pemilihan lahan untuk budidaya juga penting untuk diperhatikan.
Dalam memilih lahan untuk budidaya tanaman rumput odot, ada beberapa faktor mendasar yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Dimana selain faktor dari keberadaan tanah itu sendiri, lokasi lahan juga penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Lokasi lahan di sini lebih mengacu pada kebutuhan tanaman rumput odot pada pancaran sinar matahari.
Sebagaimana tanaman pada umumnya, tanaman rumput odot juga membutuhkan sinar matahari untuk memenuhi proses fotosintesa penuh. Dari sini maka pemilihan lokasi lahan tanam juga penting untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan. Apabilalokasi lahan untuk budidaya tanaman odot ini terlindungi oleh beberapa tumbuhan lainnya, sehingga menghambat sinar matahari sampai 50%. Maka pertumbuhan tanaman rumput odot akan menjadi terhambat dan pemangkasan menjadi tertunda.
bibit rumput odot

Sebab dalam pemilihan lahan juga penting untuk mempertimbangkan keberadaan sinar matahari untuk kebutuhan proses fotosintesa tanaman rumput odot. Tentunya, dengan tujuan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan lebih optimal. Selain itu, keberadaan tanah juga sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan pemilihan lokasi lahan tanam.
Dalam hal ini beberapa faktor penting yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu:
1.       Tingkat kesuburan tanah dan topografi
Tingkat kesuburan tanah dan topografi sangat penting untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan budidaya tanaman rumput odot. Hal ini tentu akan berdampak pada pertumbuhan dari tanaman itu sendiri. Sebab itu apabila anda memiliki lahan subur yang tidak lagi dimanfaatkan untuk menanam komoditi pangan, maka lahan tersebut dapat anda gunakan sebagai lahan tanam budidaya rumput odot. Tujuannya agar tanaman ini bisa tumbuh dengan lebih optimal. Sebab apabila tanaman rumput odot di budidayakan di lahan yang tidak subur, maka pertumbuhannya juga akan menjadi terganggu, sehingga hasil yang diperoleh pun menjadi kurang optimal.
2.       Sumber air
Adanya kebutuhan air adalah hal penting yang harus diperhatikan. Air adalah sarana bagi rumput odot supaya bisa memperoleh unsur hara dari dalam tanah. Unsur hara ini nantinya akan disebarkan keseluruh bagian tanaman. Unsur hara dibutuhkan sebagai bahan baku proses fotosintesis yang berguna untuk kelangsungan produksi rumput gajah odot.
Selain itu persiapan lahan untuk budidaya rumput odot sangat penting untuk diperhatikan. Pengolahan lahan yang benar dan pemupukan dengan menyesuaikan dari topografi lahan penting untuk benar-benar diperhatikan agar tanaman rumput odot dapat tumbuh dengan optimal. Dalam persiapan lahan ini, pada lahan kering, ada baiknya untuk dibajak terlebih dahulu dengan hand traktor kecil dengan kapasitas 5-6,5 PK.
Apabila hal itu sudah selesai dilakukan maka buatlah parit kecil sekitar 30 cm dan jarak antar alur sekitar 80 cm. Di alur tersebut ditaburkan pupuk organik dan SP36 secukupnya, sebagai pupuk dasar. Hal ini akan membantu agar tanaman rumput odot bisa tumbuh dengan optimal.
Apabila anda tertarik untuk melakukan budidaya rumput odot, anda dapat menghubungi Phone/Wa: 087838393451, untuk melakukan pembelian bibit rumput odot atau bibit rumput gajah odot. Anda juga bisa melakukan konsultasi perihal cara budidaya rumput gajah odot.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budidaya Rumput Odot

Budidaya rumput odot solusi kelangkaan pakan Ternak  Musim kemarau seperti ini identik dengan kekurangan air, tumbuhan menjadi gersang ...