Pengolahan Tanah dan Proses Penanaman Rumput Odot

Pengolahan Tanah dan Proses Penanaman Rumput Odot

Selain pemilihan lahan dan lokasi lahan tanam, pengelolaan tanah untuk budidaya rumput odot merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Keberhasilan budidaya rumput gajah odot juga sangat bergantung pada cara pengolahan tanahpada lahan dan waktu yang tepat pada proses penanaman. Apabila kedua hal tersebut sudah dipenuhi maka sangat dimungkinkan keberadaan rumput adot akan tumbuh dengan optimal.
Adapun beberapa tahapan pengolahan lahan dan proses penanaman rumput odot, yaitu:
1.       Bersihkan lahan yang hendak digunakan dari berbagai macam gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman rumput gajah odot. Selain itu apabila lahan itu tersebut dipenuhi dengan semak belukar, hal itu juga penting untuk dibersihkan.
2.       Lakukan pencangkulan pada lahan yang hendak digunakan. Tujuannya hal ini untuk menggemburkan tanah yang hendak digunakan. Pencangkulan ini bisa dilakukan untuk lahan yang tidak terlalu luas. Namun apabila lahan yang hendak digunakan untuk budidaya rumput odot, sebaiknya lakukan pembajakan.
3.       Tujuan dari proses penggemburan ini bertujuan untuk bisa melakukan penghancuran pada bongkahan tanah yang keras agar tanah tersebut bisa menjadi lunak. Tanah lunak akan jauh lebih bagus dan mudah dalam menyerap unsur hara. Apabila lahan yang hendak digunakan miring, maka penggemburan bisa dilakukan dengan cara menyesuaikan kondisi. Selain itu dalam proses penggemburan ini Anda juga bisa melakukan proses pemupukan.
4.       Proses pemupukan dasar bisa bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK. Adapun rinciannya, dalam setiap hektarnya membutuhkan 80 kg TSP, 60 kg KCL dan 110 kg Urea. Setelah melakukan proses pemupukan dasar ini maka langkah selanjutnya diamkan lahan selama 7 hari sebelum melakukan proses penanaman.
Empat langkah tersebut adalah proses dalam pengolahan tanah atau persiapan pra penanama bibit rumput odot. Adapun proses penanamanya, yaitu:
1.       Dalam melakukan proses penanaman penting untuk memperhitungkan jarak waktu dalam pengolahan lahan dengan waktu penanaman rumput odot.
2.       Penanaman rumput gajah odot idealnya bisa dilakukan pada saat musim penghujan.
3.       Metode penanaman rumput gajah odot bisa dilakukan secara stek dan stolon. Cara stek dilakukan dengan cara memasukkan kurang lebih 30 % dengan kemiringan 30 derajat. Adapun untuk penanaman model stolon caranya adalah dengan menimbun bagian stolon yang berjarak 30 – 50 cm dari buku. Untuk jarak tanam Anda bisa menggunakan variasi 90 x 60 cm, 90 x 90 cm dan 60 x 120 cm.
Demikian proses pengolahan lahan dan penanaman bibit rumput odot. Secara umum baik proses pengolahan tanah pra penanaman, maupun proses penanaman rumput odot sangatlah sederhana dan mudah. Ditambah lagi tanaman ini sangat mudah beradaptasi, sehingga siapa pun baik yang masih sangat pemula sekali, dapat melakukan budidaya rumput gajah odot.

Apabila anda tertarik untuk melakukan budidaya rumput odot ini anda bisa langsung menghubungi Phone/Wa: 087838393451, untuk melakukan konsultasi terkait dengan proses penanaman dan budidaya rumput odot. Anda juga bisa melakukan pembelian rumput odot berkualitas dan bermutu dengan harga yang sangat ekonomis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Sukses Beternak Sapi, Kambing, Kerbau dan Kelinci

  Sukses Beternak Kambing dan Sapi dengan Budidaya Rumput Odot                 Menjelang Idul adha seperti saat ini, harga harga hewan ...