Bibit Rumput Odot yang Berkualitas


Bibit Rumput Odot yang Berkualitas


Seperti diketahui bersama, dalam budidaya tanaman apa pun pemilihan bibit merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Termasuk dalam hal ini adalah budidaya rumput odot. Kesalahan dalam memilih bibit rumput odot jelas akan berdampak sistemik pada perkembangan tanaman itu sendiri. Sebab sebagus apa pun persiapan lahan dan perawatan yang dilakukan, apabila bibit yang ditanam bukanlah bibit yang bekualitas, maka hasilnya pun sulit untuk bisa optimal dan memuaskan.
Itulah sebabnya, menjadi penting untuk cerdas dalam melakukan pemilihan terhadap bibit rumput odot. Ada baiknya anda melakukan konsultasi pada pihak-pihak yang sudah berpengalaman, dan memberikan ruang bagi anda untuk berkonsultasi seputar bibit rumput odot yang berkualitas dan tidak. Bibit rumput odot yang berkualitas dan bermutu baik akan menghasilkan hijauan pakan ternak yang berkualitas pula.

Batang sehat dan padat

Bibit rumput odot yang berkulitas dan bermutu sebenarnya dapat dilihat dari bentuk batang bibit itu sendiri. Bibit rumput odot yang bagus batangnya besar dan padat, serta jumlah calon anakan atau ruas cukup pendek. Biasanya bibit dengan ciri-ciri seperti ini dihasilkan dari tanaman yang tercukupi kebutuhan airnya.
Tanaman rumput odot yang tidak tercukupi kebutuhan airnya, umumnya akan menghasilkan bentuk bentuk bibit yang keras, kecil dan jarak antar ruas berkisar 1-3 cm. Semakin tinggi jarak antar ruas pada umumnya semakin rendah mutu dan kualitas dari bibit itu sendiri. Terlebih apabila jarak antar ruas ini hingga mencapai 5 cm.
bibit rumput odot


Bebas dari Jamur

Bibit rumput odot yang baik tentu saja bebas dari jamur. Seperti diketahui, jamur bakteri fusarium bisa saja menyerang bibit rumput odot. Biasanya disebabkan karena kondisi lingkungan yang penuh dengan bakteri, lembab dan minim sinar matahari. Untuk itu, bibit rumput odot yang akan ditanam sebaiknya taruh di tanah yang mudah terkena sinar matahari. dan jangan lupa taburi tanah supapa tidak cepat mengering. 

Jenis bibit rumput odot yang semacam ini umumnya akan menghasilkan tanaman yang lambat pertumbuhannya dan kerdil. Kendati demikian, rumput odot memang memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Meski bibit rumput odot ini kurang bagus, namun tetap bisa dioptimalkan dengan perawatan yang baik.
Hal itu adalah salah satu dari sekian banyak keunggulan dari bibit rumput odot. Sehingga apabila anda sudah terlanjur memiliki bibit rumput odot dengan yang kurus, dan memiliki jarak antar ruas yang tinggi, anda tetap tidak perlu khawatir, sebab hal itu masih bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang optimal.
Beberapa keunggulan  rumput odot, yaitu:
1.       Rumput odot sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi di sekitarnya.Sehingga memudahkan bagi siapa pun untuk melakukan budidaya, termasuk bagi orang yang masih cukup awam terkait dengan keberadaan bibit yang satu ini.
2.       Rumput odot sangat mudah untuk dikembangkan maupun dibudidayakan.
3.       Rumput odot adalah salah satu pakan berkualitas terbaik untuk binatang ternak.
Dari ketiga keunggulan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya keberadaan bibit rumput odot bukan satu-satunya faktor yang menunjang pertumbuhan dari tanaman itu sendiri. Hal itu dikarenakan keberadaan dari rumput odot sendiri sebenarnya sangat mudah beradaptasi, sehingga dalam perawatannya pun menjadi cukup mudah.
Perawatan optimal akan menghasilkan hijaun rumput odot yang bermutu yang bisa anda manfaatkan untuk pakan ternak kambing, sapi, kerbau, kuda, kelinci, marmut dan lain sebagainya. Apabila anda tertarik untuk melakukan budidaya rumput odot baik di Jogja, di Jawa Tengah, di Bandung, di Bogor, Di Klaten, di Bandung, di Malang dan lain sebagainya, anda bisa melakukan konsultasi dan pembelian bibit rumput odot, dengan menghubungi Phone/Wa:087838393451

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budidaya Rumput Odot

Budidaya rumput odot solusi kelangkaan pakan Ternak  Musim kemarau seperti ini identik dengan kekurangan air, tumbuhan menjadi gersang ...