Teknis Budidaya Rumput Odot


Teknis Budidaya Rumput Odot

bibit rumput odot

Budidaya rumput odot juga dibutuhkan perawatan untuk bisa memperoleh hasil yang optimal. Perawatan semacam ini sebenarnya sangat lumrah untuk dilakukan pada semau macam budidaya, termasuk dalam budidaya rumput odot.
Dalam hal perawatan budidaya rumput odot sebenarnya relatif sangatlah mudah dibandingkan dengan perawatan budidaya lainnya. Hal itu dikarenakan sifat dasar tanaman yang memiliki nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
Sifat mudah beradaptasi ini adalah salah satu bentuk keunggulan tersendiri. Dengan demikian tidak butuh untuk melakukan perawatan khusus, kendati tanaman ini sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia. Menurut beberapa sumber disebutkan bahwa tanaman rumput ini sebenarnya adalah tanaman asal Amerika.Meski demikian tanaman ini relatif sangat mudah untuk dibudidayakan.

Cara Perawatan Budidaya Rumput Odot

Hampir semua orang bisa melakukan budidaya rumput karena memang dari segi penanaman hingga pada proses perawatannya sangatlah mudah untuk dilakukan. Adapun, beberapa kegiatan dalam proses perawatan rumput odot, yaitu:
1.       Pendangiran
Pendangiran bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam setahun. Pendangiran ini juga bisa dilakuan bersamaan dengan kegiatan pemangkasan. Dalam proses pendangiran ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
a.       Pendangiran bisa dilakukan dengan cara membersihkan tanaman liar yang tubuh di sekitar tanaman rumput odot. Setelah itu anda dapat melakukan penggemburan tanah di sekitar tanaman.
b.      Pendangiran bisa dilakukan dengan cara langsung melakukan pencangkulan di sekitar tanaman rumput odot.
Baik cara yang pertama maupun kedua, semua sama-sama efektif untuk dilakukan.
2.       Pemupukan
Dalam proses perawatan rumput odot juga cukup penting untuk melakukan pemupukan. Pemupukan ini bertujuan untuk menambah zat-zat yang dibutuhkan tanaman. Selain itu pemupukan dilakukan untuk mempertahankan kesuburan dan memperbaiki struktur tanah. Tentu saja hal itu dimaksudkan agar tanaman ini bisa tumbuh lebih optimal dan hasil panennya pun akan jauh lebih memuaskan.
3.       Pengairan
Sebagai tanaman hijauan rumput odot juga membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga tingkat kesuburannya. Dalam hal ini maka butuh untuk dilakukan pengairan. Pengairan ini dapat dilakukan 7 hari pasca pemupukan. Dalam proses pengairan ini penting untuk diperhatikan; jangan lakukan pengairan sampai air menggenang karena hal itu akan menyebabkan kematian pada tanaman rumput odot.
Rumput odot meski berasal dari Amerika, tidak butuh perlakuan khusus dalam proses perawatannya. Dengan demikian sebenarnya proses kegiatan perawatan tanaman rumput odot sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Di sisi lain, kegiatan perawatan ini sebenarnya tidak banyak menyita waktu anda.
Dari sini kemudian dapat dipahami bahwa melakukan budidaya rumput odot justru membuat anda akan lebih banyak menghemat waktu untuk memenuhi kebutuhan pangan hewan ternak anda. Di sisi lain dengan pemberian rumput odot pada hewan ternak, akan membuat hewan ternak bisa tumbuh dengan bagus karena kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik.

Ingin Budidaya Rumput Odot ?

Apabila Anda tertarik untuk melakukan budidaya rumput odot anda bisa langsung menghubungi Phone/Wa: 087838393451, selaku penyedia bibit rumput odot bermutu dan berkualitas bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Sukses Beternak Sapi, Kambing, Kerbau dan Kelinci

  Sukses Beternak Kambing dan Sapi dengan Budidaya Rumput Odot                 Menjelang Idul adha seperti saat ini, harga harga hewan ...