Senin, 23 April 2018

Panduan Sederhana Menanam Rumput Odot


Panduan Menanam rumput odot

·                     Siapkan lahan atau media tanam terlebih dahulu. Pastikan media tanam gembur, subur dan tidak kering atau gersang.  Maka, untuk lahan yang kering sebaiknya disiram air terlebih dahulu sehingga tanah bisa basah selama minimal 1 minggu sesudah penyiraman.
·                     Untuk lahan yang sebelumnya penuh dengan ilalang atau rumput liar, silahkan di bersihkan dahulu.
·                     Media tanam bisa ditambahkan kotoran kandang yang sudah lama atau terurai dengan tanah.
·                     Potong batang odot yang disiapkan untuk bibit sekitar 4-5 ruas, panjang sekitar 15 cm.
·                     Tanam bibit rumput odot dalam posisi miring, setengah batang dibenamkan dalam tanah. Tujuannya agar membantu mempercepat perakaran rumput odot.
·                     1 minggu sesudah tanam akan muncul tunas, tunggu 10 hari kemudian baru dipupuk dengan urea untuk memacu daun awal dan memacu akar supaya cepat banyak. Pastikan pemberian urea dalam kondisi tanaman sudah berakar.
·                     umur satu bulan  bisa dilakukan pemupukan ulang dengan menggunakan pupuk natural yaitu kotoran kambing dengan metode disebar disekeliling batang yang ditanam .
·                     Pemupukan dengan kotoran kambing domba, wajib dilakukan minimal 3 bulan sekali sehingga kebutuhan pakan si rumput odot selalu tercukupi
·                     Jarak tanam awal adalah 40-50 cm, 1 lubang cukup diisi 1-2 batang bibit
·                     Panen perdana umur 40 hari, panen berikutnya lebih cepat, yakni di umur 25-30 hari
·                     Ketika panen, potong odot mepet dengan tanah, supaya tunas baru muncul banyak
·                     Apabila ingin menjadikan bibit baru, silahkan undur masa panen menjadi 40-50 hari sehingga ruas batang bawah sudah benar-benar tua dan berakar banyak.
·                     Dalam lahan odot sebaiknya ditanam jenis pakan hijauan lainnya seperti singkong, nangka, kleresede ( gamal ), kaliandra, dll sehingga akan melengkapi kebutuhan nutrisi ternak. 
bibit rumput odot

Anda ingin bertanam rumput odot? Kami sedia bibit rumput odot siap tanam dan siap kirim ke seluruh Indonesia. Anda yang memiliki hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, kuda dan kelinci sangat efektif bila menanam rumput odot. Dengan menanam rumput odot, akan sangat membantu anda dalam mengembangbiakan ternak anda. Selamat mencoba menanam rumput odot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar