Jumat, 27 April 2018

Rumput Odot Untuk Penggemukan Ternak Piaraan

rumput odot untuk penggemukan ternak

 Rumput Odot Untuk Penggemukan Hewan Ternak

          Siapa pun peternak tentu menginginkan hewan ternak nya cepat besar dan gemuk. Namun, di lapangan seringkali peternak mengalami kendala. Diantaranya hewan kurang nafsu makan, kurus dan kurang sehat. Akan tetapi, tenang saja, artikel kali akan memberi solusi bagaimana tips penggemukan hewan ternak dengan menggunakan rumput odot.

          Penggemukan hewan ternak sapi

          Untuk anda yang memiliki hewan ternak sapi tidak ada salahnya mencoba menanam rumput odot. Hasil kajian BPTP Bali di lokasi Pengembangan Model Pertanian Bio Industri, Desa Antapan Kecamatan Baturiti, Tabanan, tahun 2016 didapatkan pertumbuhan sapi yang diberi 50% rumput odot dan 50% rumput lapang lebih baik dibandingkan dengan 100% rumput lapang. Secara ekonomi, substitusi 50% rumput odot berdampak positif terhadap keuntungan usahatani. Dengan substitusi 50% rumput odot berpotensi meningkatkan keuntungan mencapai 44,53% (Yasa, Litbang Pertanian RI 2017)
penggemukan sapi

          

Rumput odot untuk Penggemukan kambing

          Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Baturraden menyatakan bahwa rumput odot sangat cocok untuk penggemukan hewan kambing. Hal ini karena tekstur rumput odot yang lembut sangat disukai hewan ternak kambing. Hewan ternak kambing umumnya begitu lahap memakan rumput odot. Sehingga pertumbuhan tubuhnya pun semakin cepat dan gemuk. Dan otomatis ini menguntungkan peternak, karena nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

          Rumput Odot untuk Penggemukan Ternak Kelinci

          Umumnya hewan ternak kelinci sangat menyukai rumput hijauan semacam rumput odot(Pennisetum Purpureum cv. Mott). Hewan ternak kelinci sangat cocok memakan rumput odot di masa hamil atau pun menyusui. Ini karena ia membutuhkan nutrisi dan protein tinggi untuk anak anaknya. Bulu daun rumput odot yang lembut sehingga aman bagi hewan ternak kelinci.
          

Rumput odot untuk Penggemukan Kuda

          Bagi anda yang memelihara kuda, tidak ada salahnya mencoba memberikannya rumput odot. Rumput odot adalah hijauan alami yang baik untuk kesehatan hewan ternak, termasuk kuda. Anda bisa memberikan rumput odot sesuka hati anda. Dan terlebih untuk indukan kuda yang sedang bunting atau hamil serta menyusui.
          Dengan segudang manfaat rumput odot yang telah dikaji dan terbukti di lapangan membuat budidaya rumput odot selalu menemukan relevansinya dalam konteks kekinian. Anda yang berlokasi dimanapun, bisa menanam rumput odot. Yang terpenting bukan daerah yang terkena genangan air secara terus menerus. Anda berminat? Kami sedia bibit rumput odot dan siap kirim ke seluruh penjuru nusantara.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar