Selasa, 15 Mei 2018

Rumput Odot untuk Penggemukan Hewan


Menanam rumput odot untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak
Menyediakan pakan secara berkelanjutan merupakan kewajiban bagi para peternak, baik peternak sapi, kambing, domba, maupun kelinci. Demi menjaga asupan nutrisi ternak tetap terjaga, di perlukan pakan berkualitas salah satu pakan bernutrisi tinggi adalah rumput odot (pennisetum purrerium) . rumput odot memiliki kandungan gizi yang lebih unggul dari pada jenis rumput pakan lain pada umumnya.
Rumput odot sangat efektif diberikan pada ternak saat musim kemarau ataupun setelah perjalanan jauh seperti perjalanan saat pengiriman ternak. Kandungan air dalam rumput odot mencapai 80% dengan kandungan protein bahan segar 14% , sehingga sangat membantu mengurangi dehidrasi dan mengembalikan kecukupan cairan pada ternak.  Rumput odot memiliki tinggi yang sedang, bisa dikatakan relative pendek.
rumput odot

Rumput odot memiliki struktur daun mirip dengan tanaman pandan, tekstur rumput yang halus mudah di cerna oleh ternak. Keunggulan lain dari rumput ini adalah dapat di tanam di berbagai jenis tanah, mudah beradaptasi, dan masa tanam yang relative singkat. Dapat di panen pada usia 40 hari atau sekitar umjur 7-8 minggu.
 bibit rumput odot pun tidak kalah memiliki kelebihan tahan banting di segala cuaca, dengan perkembangan rumput yang sangat cepat. Di daerah cilacap misalnya, penanaman bibit rumput odot dalam 1ha dapat menghasilkan rumput odot sebanyak 120-250 ton/tahun. Cukup fantastis bukan ? Tingginya produktifitas ini karena rumput odot ini juga memeiliki banyak anakan. 
Awal panen jumlah anakan per rumpun kisaran 26 tunas, selanjunya dapat mencapai lebih dari 200 tunas.  Sama halnya dengan jenis rumput lain, saat panen rumput odot di umur 35 sampai 45 hari pada musim penghujan. apabila musim kemarau, panen kira-kira 40 sampai 50 hari. Daunnya yang lembut dan tekstur batangnya yang lembut menjadi favorit para peternak maupun hewan ternak.
Dengan melihat kelebihan yang dimiliki rumput odot, membudidayakan rumput odot merupakan pilihan yang tepat. Selain untuk memenuhi pasokan pakan ternak dapat juga diperjual belikan.
Bingung mencari bibit rumput odot ? segera hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar