Budidaya Rumput Odot untuk Persiapan Beternak Kambing


Budidaya Odot sebagai Persiapan Ternak Kambing

            Rumput odot merupakan pakan ternak yang terbukti memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi. Menurut penelitian Litbang Pertanian, Rumput odot merupakan pakan ternak yang efektif untuk meningkatkan berat badan hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, kuda dan kelinci.
Rumput odot dengan ciri ciri memiliki tinggi 40-75 cm, lebih pendek dibandingkan rumput gajah. Jarak ruasnya 1-4 cm, serta memiliki batang yang lunak. Masih menurut Litbang Pertanian, Hasil analisis laboratorium kandungan gizi rumput odot lebih tinggi dibandingkan rumput gajah biasa. Kandungan protein rumput odot 11%, sedangkan rumput gajah biasa hanya berkisar antara 6-8%. Kandungan protein tertinggi dihasilkan dari umur tanaman 60 hari.

Budidaya Rumput Odot

Dengan kandungan gizi yang tinggi membuat budidaya rumput odot penting dilakukan bagi anda yang akan dan sedang memelihara hewan ternak. Pertanyaanya, bagaimana menanam rumput odot di musim kemarau seperti saat ini? Tentu saja jawabannya tergantung kemauan anda.
Secara prinsip, rumput odot bisa tumbuh di musim apa saja. Hanya saja di musim kemarau, anda perlu bersabar dalam merawatnya. Di usia awal penanamannya, sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin. Minimal satu kali sehari. Kegiatan penyiraman anda lakukan setidaknya sampai tumbuh akar dan daun rumput odot.
budidaya rumput odot


Jarak Tanam rumput odot

Jarak tanam budidaya rumput odot bisa anda lakukan dengan ukuran 30 cm, di kanan atau kirinya. Tujuannya agar bibit rumput odot bisa tumbuh kembang dengan baik. Tidak saling berebut nutrisi serta mempermudah dalam perawatannya. Jarak tanam yang baik akan mempercepat pertumbuhan tunas baru yang massif.

jarak tanam ideal budidaya rumput odot adalah 30 cm. 

Pemupukan
Setelah rumput odot anda berkembang dengan baik, maka perlu dilakukan pemupukan. Di awal penanaman bisa dilakukan dengan pupuk organik dari kotoran kandang. Namun, bila sudah berumur satu bulan, bisa dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk urea atau NPK.
Pemanenan
Bila rumput odot sudah memasuki usia dua bulan, maka saatnya pemanenan. Di saat memanen, lakukan dengan tepat. Jangan asal tebang. Cara pemanenan yang tepat adalah pemotongan batangnya hingga sampai pangkalnya. Jangan separo. Sebab, kalau dipotong separo akan menyebabkan tanaman rumput odot tidak bisa berkembang dengan baik, bahkan mati. Untuk itu, lakukan secara bijak dalam menanam rumput odot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Sukses Beternak Sapi, Kambing, Kerbau dan Kelinci

  Sukses Beternak Kambing dan Sapi dengan Budidaya Rumput Odot                 Menjelang Idul adha seperti saat ini, harga harga hewan ...