Budidaya Rumput Odot


Budidaya rumput odot solusi kelangkaan pakan Ternak 

Musim kemarau seperti ini identik dengan kekurangan air, tumbuhan menjadi gersang begitu pun rumput hijauan menjadi susah ditemui. Kejadian ini membuat para peternak kesulitan memenuhi kebutuhan pakan dan nutrisi untuk hewan peliharaan mereka. Apalagi kebutuhan pakan ternak seperti sapi, kerbau maupun kambing terbilang cukup besar. Peternak harus mulai mencari cara agar kebutuhan pakan hijauan ternak terpenuhi meskipun di musim kemarau seperti ini.
Untuk memenuhi kebutuhan pakan hijauan ternak, para pemelihara hewan ternak dapat memulai dengan budidaya rumput odot. Rumput odot merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi pada segala musim. Rumput odot bisa menjadi solusi kebutuhan pakan hijau saat musim kemarau tiba. Dengan adanya rumput yang dapat tetap hidup dalam kondisi kurang air, menjadikan rumput odot sumber pakan hijau untuk ternak.
bibit rumput odot

Bibit rumput odot setelah dewasa memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat cocok untuk pakan sapi, lembu, kerbau maupun kambing. Penanaman bibit rumput odot terbilang cukup mudah juga tidak membutuhkan perawatan ekstra. Rumput akan tumbuh rimbun dan mempunyai banyak anakan, rumput odot juga termasuk jenis rumput yang cepat sekali trubus.
Cara penanaman bibit rumput odot juga terbilang cukup mudah. Pertama yang harus di persiapkan tentu memilih bibit rumput odot, anda dapat memilih bibit yang berusia minimal 3 bulan dari masa pemanenan. Kemudian ambil bibit yang masih berupa lonjoran, potong-potong menjadi beberapa stek. Langkah selanjutnya rendam sedikit bibit pada ember air untuk membasahinya.
Bibit rumput odot yang telah di rendam kemudian disisihkan sebentar. Sambil menunggu harus pula di perhatikan lahan yang akan digunakan untuk menanam rumput odot. Lahan harus di persiapkan terlebih dahulu, caranya dengan menyangkul lahan buat bedengan kemudian siram dengan air agar tekstur tanah lebih gembur. Setelah itu bibit yang sudah direndam dapat di tanam dengan posisi miring.


Bibit rumput odot yang sudah di tanam perlu di siram, apabila musim kemarau siram bibit di saat pagi dan sore. Apabila turun hujan bibit tidak perlu disiram, cukup dipantau saja apabila ada yang kekurangan air baru boleh dialiri air. Setelah bibit usia dua bulan dapat diberi pupuk kandang maupun pupuk urea. Perlu di perhatikan pupuk yang di berikan sebaiknya tidak melebihi takaran. Karena akan mengakibatkan over nutrisi yang berdampak kurang baik pada perkembangan rumput odot.
Setelah usia bibit rumput odot memasuki usia 3 sampai 4 bulan. Daun rumput odot sudah bisa di ambil atau ngarit untuk pakan ternak. Kandungan gizi maupun protein yang sangat tinggi pada daun rumput odot, berguna untuk penggemukan tenak. Sehingga memilih budidaya rumput odot untuk solusi kelangkaan pakan merupakan pilihan bijak yang harus diambil.
Demikian sedikit pengetahuan yang dapat kami bagikan, untuk info lebih lanjut mengenai budidaya rumput odot maupun harga bibit rumput odot dapat menghubungi kami secara langsung. Terima kasih atas atensi pembaca semua, salam ngarit untuk para peternak di seluruh Indonesia, sampai berjumpa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Rumput Odot

Merimbunkan daun rumput odot dengan pupuk tepat Bibit rumput odot sangat cocok dibudidayakan sebagai pakan pokok hijauan hewan ternak. ...