Proses Pemanenan dan Peremajaan Rumput Odot

Proses Pemanenan dan Peremajaan Rumput Odot
Rumput odot memiliki banyak sekali keunggulan, di antaranya; tanaman ini bisa dilakukan proses pemanenan hingga berkali-kali dengan rentang waktu yang cukup singkat. Di sisi lain tanaman ini juga bisa dilakukan peremajaan. Dengan demikian maka anda cukup melakukan pembelian bibit rumput odot sekali saja, selanjutnya anda sudah bisa melakukan budidaya secara mandiri.
Hal ini tentunya memberikan banyak sekali keuntungan bagi anda, sebab anda bisa melakukan peremajaan secara mandiri. Di mana dalam hal ini selain bisa untuk mencukupi kebutuhan pangan hewan ternak anda. Di sisi lain, anda juga bisa menjual kembali bibit rumput odot anda, hasil dari proses peremajaan yang bisa anda lakukan secara mandiri.
rumput odot siap panen
Rumput odot siap panen.

Bisa dikatakan bahwa cukup dengan membeli sekali bibit rumput odot anda, anda telah memiliki tambang pakan hewan ternak bermutu tinggi. Terlebih untuk pola penanamannya pun sebenarnya tidak menyulitkan, karena bibit rumput odot bisa dijadikan tanaman sela, atau digabungkan dengan jenis tanaman lainnya.
Dari sini dapat dipahami bahwa menanam rumput odot adalah langkah yang sangat tepat untuk dilakukan oleh para peternak. Terlebih apabila hewan ternak yang dirawat lebih dari satu atau berjumlah banyak. Dengan menanam rumput odot anda akan menghemat banyak sekali waktu untuk mencari pakan ternak anda.
Dalam proses pemanenan rumput odot sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal penting yang harus diperhatikan adalah, pemanenan ini  sebaiknya dilakukan tepat waktu. Apabila waktu pemanenan tidak tepat atau melebih dari waktu yang ditentukan. Hal itu akan berpengaruh terhadap kandungan gizi rumput gajah odot.
Dianjurkan untuk melakukan pemanenan pertama ketika rumput odot berumur sekitar 60 – 70 hari dari penanaman. Pada panen selanjutnya bisa disesuaikan dengan keberadaan musim. Untuk musim penghujan panen dapat dilakukan pada umur 40 – 45 hari. Sementara pada musim kemarau panen rumput odot bisa dilakukan pada saat 50 – 55 hari.
rumput odot masih muda

Dalam proses pemanenan ini disarankan untuk menggunakan sabit yang tajam. Lakukan pemotongan ketika posisi daun bersentuhan dengan tanah.Halini dimaksudkan agar merangsang munculnya tunas-tunas baru pada tanaman rumput odot itu sendiri.
Selanjutnya, adalah proses peremajaan rumput odot. Dalam proses peremajaan ini dapat dilakukan ketika tanaman rumput odot sudah saat berumur 3 – 4 tahun. Peremajaan dapat  dilakukan secara bertahap. Caranya adalah dengan menanam stek atau stolon baru diantara tanaman lama.
Setelah tanamam dari setek atau stolon baru tumbuh, maka lakukan pembongkaran pada tanaman lama. Lakukan seterusnya, sehingga kebutuhan rumput gajah odot tetap terus tersedia sepanjang waktu. Dengan demikian maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi ternak anda.
Apabila anda tertarik untuk membudidayakan tanaman rumput odot, anda bisa langsung menghubungi Phone/Wa:087838393451, selaku penyedia bibit rumput odot bermutu dan berkualitas. Selain, itu anda juga dapat melakukan konsultasi terkait dengan cara pemanenan hingga peremajaan rumput odot.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Rumput Odot

Sedia Bibit Rumput Odot