Rumput Odot; Pakan Ternak Potensial

Rumput Odot; Pakan Ternak Potensial

Bibit rumput odot merupakan hijauan pakan ternak yang sangat potensial. Sayangnya, tidak banyak dari para peternak di Indonesia yang masih belum mengetahui keberadaan tanaman hijauan yang satu ini. Padahal, keberadaan sangat potensial dan menguntungkan bagi para peternak.
Dengan menanam bibit rumput odot para peternak akan bisa menghemat banyak waktu dan memperoleh berbagai macam keuntungan, semisal; dengan memberikan rumput odot pada binatang ternak, maka pertumbuhan dari binatang ternak itu pun bisa menjadi lebih baik dan cepat.
Sebagai seorang peternak, tentu sudah menjadi keharusan tersendiri untuk menyediakan pakan secara terus menerus guna memenuhi kebutuhan pakan dari ternak-ternak yang di rawat. Tentu untuk menyediakan pakan ini dibutuhkan waku yang tidak sedikit. Terlebih apabila binatang ternak yang dirawat lebih dari satu atau berjumlah banyak.
bibit rumput odot

Untuk itu dibutuhkan langkah praktis untuk menyiasati hal tersebut. Dalam hal ini, menanam rumput odot adalah salah satu langkah solutif yang dapat ditempuh oleh para peternak. Rumput odot yang memiliki nama latin Pennisetum pererium, dari jenis cvmot, adalah jenis tanaman hijauan yang sangat disukai oleh binatang ternak.
Tidak hanya binatang ternak seperti sapi yang menyukai tanaman rumput odot. Namun binatang ternak seperti kambing juga sanga menyukai tanaman hijauan yang satu ini. Padahal sebagaimana yang diketahui oleh banyak peternak, bahwa kambing adalah salah satu jenis binatang ternak yang suka memilih-milih pakan.
Tidak semua jenis rumput disukai oleh kambing, seperti;rumput raja dan rumput gajah. Namun hal itu berbeda dengan rumput odot. Rumput odot dikenal mempunyai palatabilitas yang cukup baik untuk digunakan sebagai pakan kambing atau pakan domba. Hal ini karena rumput ini memiliki tekstur yang lebih lunak daripada rumput gajah dan rumput raja.
Rumput odot juga tidak berbulu seperti yang terdapat pada rumput gajah dan rumput raja. Di sisi lain, rumput odot juga memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rumput gaja atau rumput raja.Dari sini kemudian maka melakukan budidaya rumput odot adalah langkah yang tepat bagi para peternak.
Rumput odot sebagai pakan ternak berbeda dengan rumput Gajah(king grass) yang biasa   ditanam dan dibudidayakan oleh para peternak di Indonesia. Rumput gajah atau king grass  umum memiliki tinggi sekitar 4,5 m, sementara rumput odot hanya memiliki tinggi hingga 1 meter.
Dari segi bentuk rumput odot lebih menyerupai pandan yang daunnya rapat-rapat. Dengan keadaan seperti ini, rumput odotsangat efisien dalam hal pemakaian lahan untuk penanaman apabila dibandingkan dengan rumput gajar. Apabila anda memiliki lahan sekitar 1 m/ persegi, untukrumput gajah biasanya hanya mampu menghasilkan panen sekitar 29,5 kg/ha/tahun.
Berbeda dengan rumput odot, dengan lahan sekitar 1 m/ persegi, untuk rumput odot anda bisa menghasilkan panen sekitar 36 kg/ha/tahun. Selain itu, hampir semua bagian rumput odot bisa dimakan oleh sapi, maupun oleh binatang ternak lainnya, sementara rumput gajah biasanya hanya dimakan sekitar 60-70 % saja.

Dapat dipahami bahwa rumput odot jauh lebih potensial apabila dibandingkan dengan jenis tanaman rumput lainnya yang biasa digunakan sebagai pakan tanaman ternak. Apabila anda tertarik untuk membudidayakan tanaman rumput odot, anda bisa mendapatkan bibit tanaman rumput odot bermutu, hanya dengan cara menghubungi Phone/Wa: 087838393451

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedia Bibit Rumput Odot

Cara Tanam Hingga Pemupukan Bibit Rumput Odot

Ciri-ciri Rumput Odot